Langsung ke konten utama

KONSEP TEKNOLOGI

KONSEP TEKNOLOGI

Apa sebenarnya yang dimaksud dengan teknologi informasi? Apakah teknologi informasi itu identik dengan komputer? Pertanyaan ini sering diutarakan dan untuk menjawabnya diperlukan pemahaman mengenai teknologi informasi itu sendiri.

Pengertian Teknologi
Konsep : ide/pendapat yang akan dimunculkan melalui peristiwa nyata.

Teknologi  : kemampuan teknik berlandaskan pengetahuan ilmu eksakta berdasarkan proses teknis (ilmu teknik).

Teknologi : ilmu tentang cara penerapan sains untuk memanfaatkan 
alam bagi kesejahteraan dan kenyamanan manusia.

Konsep Teknologi : ide yang akan dimunculkan pada peristiwa nyata (waktu) melalui kemampuan teknik untuk memanfaatkan alam bagi kesejahteraan manusia.

Sejarah awal munculnya Teknologi
Sejarah awal mula munculnya teknologi sudah di mulai sejak lama, ketika peradaban manusia mulai mengenal alat-alat yang sifatnya masih manual, dari situlah mulai muncul sebuah gagasan perkembagan teknologi, berarti secara tidak langsung beradaban manusai pada saat itu sudah mulai mengalami perubahan dari sedikit demi sedikit. Misalnya manusia jaman prasejarah sudah mengenal alat yang namanya senjata berburu, senjatanya pun masih sangat sederhana hanya sebuah mata tombak dari kayu dengan ujung yang terbuat dari batu atau kayu. Pada saat itu manusia sudah mampu menciptakan sebuah senjata walau sangat sederhana dan manual.

selanjutnya saya juga membahas tentang materi apa saja yang ada pada konsep teknologi selain dari pengertian teknologi dan konsep teknologi it sendiri. Materi materinya yaitu : pasar teknologi, testing blackbox dan whitebok, maturity level.
Strategi pemasaran

                Pasar disini saya sebagai penulis tidak membahas seluruh nya tentang teknologi yaitu hanya sebagian nya saja tentang os pada handphone yang sedang naik daun seperti iphone, Android, Black berry massanger, windows phone.
Strategi pemasaran pada Android

        PT Samsung Electronics Indonesia (SEIN) menyegarkan line up produk Galaxy Series. Dan  akan terus berfokus pada segmen Android di tahun ini. Kenapa? Karena Android memiliki banyak fitur-fitur yang sebenarnya penting dan menarik, tapi justru jarang dilirik. Pemanfaatan lainnya adalah untuk melakukan navigasi peta atau mendeteksi lagu tertentu dan kemudian mencari judul lagu bahkan liriknya. Selain suara, Android juga dapat memaksimalkan fungsi hardware seperti kamera melalui aplikasi Google GogglesGoogle Goggles dapat melakukan pencarian (Google Search) melalui gambar, bukan kata. 
Aplikasi tersebut mampu mengidentifikasi benda, barcode, QR code, tulisan, bahkan memecahkan permainan Sudoku. Cara kerjanya cukup mudah. Tinggal jalankan aplikasi Google Goggles, cari objek yang ingin dipotret, lantas software Google akan menganalisis jepretan Anda dan menampilkan hasilnya. 

Strategi pemasaran pada Blackberry
        Meski penjualan BlackBerry (BB) di pasar global terus mengalami penurunan, tetapi tidak demikian dengan pasar Indonesia.
Lembaga riset GfK mencatat, merek BB menempati posisi puncak dengan mengantongi porsi 54% (Mei 2012) untuk kategori ponsel pintar. Guna mempertahankan peringkatnya, PT Research In Motion (RIM) Indonesia tengah merancang lima strategi.
Apa saja?
Eka Anwar, Direktur Pemasaran PT RIM Indonesia
Pertama, meluncurkan produk baru secara berkelanjutan agar market share tidak turun. Misalnya, tahun depan perusahaan asal Kanada ini akan memperkenalkan Blackberry OS 10. Meski belum keluar, berita kemunculan BB 10 sudah menjadi perbincangan hangat di Tanah Air. “Kita tunggu saja kehebatan OS baru ini,” ujar Eka AnwarDirektur Pemasaran RIM Indonesia yang enggan menjelaskan secara gamblang.
Selain menawarkan kemudahan pembelian, RIM juga getol menciptakan pengalaman pelanggan(customer experience). Untuk merealisasikan konsep tersebut, pihaknya membangun BlackBerry Lifestyle Store (BBS) yang kini sudah berjumlah 8 gerai.
Untuk layanan perbaikan dan purna jual, RIM mendirikan BlackBerry Expert Center (BEC) sebanyak 57 gerai di 13 kota. “Bukan hanya itu, kami menggandeng developer lokal untuk bisa menyumbangkan idenya di OS terbaru kami. Investasi sebanyak Rp 55 miliar untuk beasiswa dan pelatihan di institusi pendidikan juga tengah berjalan,” sambungnya.

Strategi pemasaran pada iphone
        Di negara-negara lain, Apple biasanya memasarkan iPhone dengan menggandeng operator seluler setempat. Metode yang dilakukan adalah dengan cara bundling iPhone bersamaan dengan penggunaan paket internet selama periode tertentu, umumnya 2 tahun. Namun nyatanya strategi pemasaran yang kerap disebut jalur closed channelitu tak sesuai untuk pasar Indonesia. Karena konsumen Indonesia lebih suka membeli ponsel secara ‘bebas’ tanpa embel-embel kontrak.
"Sebelumnya strategi itu telah dilakukan Apple dengan menggandeng operator seluler di Indonesia, tapi dianggap tak efisien. Oleh karenanya untuk tahun 2014 khusus pasar Indonesia, Apple merubah strategi pemasarannya menggunakan metode open channel," ujar Djatmiko Wardoyo, Director Marcomm Erajaya di mall Taman Anggrek, Jakarta, Kamis [18/9/2014].

Pengertian, Perbedaan White Box Dan Black Box Testing dan Contoh

White Box

Pengertian White Box Testing
White box testing adalah pengujian yang didasarkan pada pengecekan terhadap detail perancangan, menggunakan struktur kontrol dari desain program secara procedural untuk membagi pengujian ke dalam beberapa kasus pengujian. Secara sekilas dapat diambil kesimpulan white box testing merupakan petunjuk untuk mendapatkan program yang benar secara 100%.

Pengujian white box: 
·         Untuk mengetahui cara kerja suatu perangkat lunak secara internal.
·         Untuk menjamin operasi-operasi internal sesuai dengan spesifikasi yang telah ditetapkan dengan menggunakan struktur kendali dari prosedur yang dirancang.
·         Pelaksanaan pengujian white box:
·         Menjamim seluruh independent path dieksekusi paling sedikit satu kali. Independent path adalah jalur dalam program yang menunjukkan paling sedikit satu kumpulan proses ataupun kondisi baru.
·         Menjalani logical decision pada sisi dan false.
·         Mengeksekusi pengulangan (looping) dalam batas-batas yang ditentukan.
·         Menguji struktur data internal.
·         Berdasarkan konsep pengujian; White box (structural) testing / glass box testing : memeriksa
·         kalkulasi internal path untuk mengidentifikasi kesalahan.

Langkah-langkah white box:
·         Mendefinisikan semua alur logika
·         Membangun kasus untuk digunakan dalam pengujian
·         Melakukan pengujian.

Kelebihan White Box Testing
·         Kesalahan logika. Digunakan pada sintaks ‘if’ dan pengulangan. Dimana White Box Testing akan mendeteksi kondisi-kondisi yang tidak sesuai dan mendeteksi kapan proses pengulangan akan berhenti.
·         Ketidaksesuaian asumsi. Menampilkan asumsi yang tidak sesuai dengan kenyataan, untuk di analisa dan diperbaiki.
Kesalahan ketik. Mendeteksi bahasa pemrograman yang bersifat case sensitive.

Kelemahan White Box Testing
·         Untuk perangkat lunak yang tergolong besar, White Box Testing dianggap sebagai strategi yang tergolong boros, karena akan melibatkan sumber daya yang besar untuk melakukannya.

Black Box

Pengertian Black Box Testing
Black box testing adalah pengujian yang dilakukan hanya mengamati hasil eksekusi melalui data uji dan memeriksa fungsional dari perangkat lunak. Jadi dianalogikan seperti kita melihat suatu koatak hitam, kit hanya bisa melihat penampilan luarnya saja, tanpa tau ada apa dibalik bungkus hitam nya. Sama seperti pengujian black box, mengevaluasi hanya dari tampilan luarnya(interface nya) , fungsionalitasnya.tanpa mengetahui apa sesungguhnya yang terjadi dalam proses detilnya (hanya mengetahui input dan output).

Kelebihan Black Box
Dapat memilih subset test secara efektif dan efisien
Dapat menemukan cacat
Memaksimalkan testing investmen

Kelemahan  Black Box
 Tester tidak pernah yakin apakah PL tersebut benar – benar lulus uji.

Perbedaan White Box & Black Box

White box (Struktural) 
Dilakukan oleh penguji yang mengetahui tentang QA.
Melakukan testing pada software/program aplikasi menyangkut security dan performance program tersebut (meliputi tes code, desain implementasi, security, data flow, software failure).
Dilakukan seiring dengan tahapan pengembangan software atau pada tahap testing. 

Metode BlackBox  (Fungsional) 
Dilakukan oleh penguji Independent.
Melakukan pengujian berdasarkan apa yang dilihat, hanya fokus terhadap fungsionalitas dan output. Pengujian lebih ditujukan pada desain software sesuai standar dan reaksi apabila terdapat celah-celah bug/vulnerabilitas pada program aplikasi tersebut setelah dilakukan white box testing. 
Dilakukan setelah white box testing.


Referensi:




Komentar

Postingan populer dari blog ini

TUGAS KEWIRUS

Cita Cita Terbesar Menurut saya cita – cita itu sebuah tujuan yang belum pasti dan belum mesti di lakuin, contohnya ketika kita masih kecil dan di tanya oleh orang tua, atau kerabat yang lebih tua umurnya “Cita – cita kamu jadi apa dek?” saya menjawab “jadi : guru, pelukis, seniman, desainer, programmer, Arsitek” dan lain – lain ketika umur saya mulai bertambah cita - saya bisa jadi lain lainnya. Namun beda dengan cita – cita terbesar saya saat ini lebih kepada hidup yang bahagia. Yaa seperti itulah, tapi hidup bahagia di sini saya berharap bisa mencapai semua tujuan – tujuan saya. Salah satunya dengan mgembahagiakan orang terdekat saya yaitu orang tua saya. Karena mereka telah menyekolahkan saya dan mendidik saya dari kecil hingga menjadi seperti saat ini, dan saya mensyukurinya dengan bersekolah dengan benar dan lulus dengan benar pula dan menjalani hidup yang bahagia. Saat ini saya bersekolah di perguruan tinggi sebut saja kuliah dan mengambil jurusan pendidikan ilmu komputer

Teknologi Dan Pendidikan

GURU SEBAGAI TEKNOLOGI DALAM PENDIDIKAN Efektivitas dan efisiensi belajar dan pembelajaran siswa di sekolah sangat bergantung kepada peran guru. Dalam hal ini, terdapat sejumlah peran yang diemban guru. Salah satu nya mengenalkan internet yang baik pada peserta didiknya. Internet seharusnya sebagai teknologi dalam pembelajaran. Maka dari itu guru sebagai isolator atau penghantar yg baik atau contoh yang baik dalam megenalkan teknologi- teknologi tersebut, seharusnya guru yg lebih tau hal hal tersebut sebelum peserta didiknya. Disini saya memperkenalkan website guru supaya guru-guru lebih melek internet dibandingkan dengan peserta didik mereka. http://duniaguru.com/ Laman ini dikelola oleh Depdiknas sebagai bagian untuk mengembangkan media informasi bagi guru untuk meningkatkan kompetensinya dengan menggunakan teknologi internet.   http://blogguru.net/ Blogguru diperuntukkan bagi tenaga pengajar untuk memikirkan, menuliskan, dan bertukar informasi atau pengetahuan