Langsung ke konten utama

manajemen-memori-dan-file





MANAJEMEN MEMORI, DISK, I/O 

 Sistem operasi merupakan software yang berfungsi melakukan kontrol dan manajemen perangkat keras serta operasi-operasi dasar dari suatu sistem komputer. Sistem operasi bertugas melakukan manajemen file, proses, memori, disk, dan input/output. Pada saat ini saya akan membahas mengenai manajemen memori, disk, dan input/output. Manajemen memori merupakan salah satu tugas dari sistem operasi yang mempengaruhi dalam menentukan proses yang harus diletakkan pada antrian .
Manajemen memori berdasarkan keberadaan dibagi menjadi 2, yaitu.
  1. 1.       Dengan swapping atau paging : manajemen memori dengan pemindahan proses antara memori utama dan disk selama eksekusi.
  2. 2.       Tanpa swapping atau paging : manajemen memori tanpa pemindahan proses antara memori utama dan disk selama eksekusi.


Berikut ini akan dijelaskan bagaimana pengimplementasian dalam sistem operasi Linux Pada Sistem Operasi Linux, kita bisa melihat memori yang terpakai oleh suatu  proses dengan perintah digambar bawah ini.dengan perintah "free"




kita juga dapat melihat penggunaan memori dan swap-nya dengan perintah berikut



kita bisa memaksimalkan penggunaan memori fisik (RAM) dengan memori virtual (swap). Caranya adalah sebagai berikut. Langkah pertama, kita lihat dulu nilai swappiness.





Mengubah nilai swappiness



Melihat daftar partisi/drive yang dikenali





Melihat isi dari flashdisk,dapat mengetikan perintah yang ada digambar di bawah ini,hasil yang ada digambar bawah merupakan hasil karena tidak ada flasdisk yang terhubung.



Mencabut flashdisk



Melihat perangkat I/O lain yang terhubung





Meng-eject CD/DVD-ROM






Referensi :
Modul praktikum Manajemen memori, Disk, I/O mata kuliah Sistem Operasi
Modul praktikum Manajemen File dan Direktori mata kuliah Sistem Operasi


Komentar

Postingan populer dari blog ini